Melanjutkan Sekolah Ke Jenjang Yang Lebih Tinggi

Melanjutkan Sekolah ke Jenjang Yang Lebih Tinggi


Alumni 2011
Setelah lelah berjuang dengan menguras tenaga dan tentunya fikiran dalam menghadapi Ujian Nasional kemarin,  akhirnya setelah kalian mendapatkan surat kelulusan yang sangat diharapkan oleh semua siswa, orangtua dan guru yang tentunya sangat menggembirakan itu, kini apa lagi yang selanjutnya akan kalian lakukan? Meneruskan sekoah? Tentu saja. Teruskanlah bersekolah sampai ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Nah, yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah, ke mana kalian akan melanjutkan sekolah? Ke SMA? SMK? Atau Aliyah? Itu semua kalian yang menentukan. Pilihlah sekolah atau jurusan yang sesuai dengan  minat dan bakat kalian sendiri agar kalian bisa mengembangkan bakat dan potensi yang kalian punya. Berikut di bawah ini cuplikan wawancara saya kepada beberapa orang alumni  SMPN 2 Simpang Empat yang telah satu tahun lulus sekolah.
Perpisahan 2012
Saya : “Setelah lulus SMP, ke mana kamu meneruskan sekolah?”
Alumni : “Ke MAN 2 Rantau.”
Saya : “Jaraknya berapa KM dari sini?”
Alumni : “Sekitar 3 KM. Jadi masuknya itu dites lebih dahulu.”
Saya : “Apanya yang dites?”
Alumni : “Pelajaran seperti halnya Ulangan Umum, tapi lebih banyak agama.”
Saya : “Nah, teman-teman kamu yang lulusan dari SMPN 2 Simpang Empat ini ada berapa orang yang melanjutkan sekolah ke sana? Apakah ada 10 orang?”
Alumni : “Lebih dari sepuluh orang. “
       Saya : “Ada berapa jurusan yang tersedia di sana?”
      Alumni : “Tiga. IPA, IPS, Agama.”
      Saya  : “Nah, menurut kamu apa perbedaan dari sekolah SMP kita di sini dengan
sekolah di sana, baik dari segi disiplin dan lain-lain.”
Alumni : “Sama saja. Kurang lebih.”
Saya : “Ada berapa orang guru yang mengajar di sana?”
Alumni : “Ada kira-kira dua puluh orang. Muridnya lebih dari dua ratus.”
Saya : “Kenapa jadi memilih Aliyah, tidak memilih SMA atau SMK?”
Alumni : “Karena hendak memperdalam agama.”
Saya : “Nah, setelah tamat Aliyah, apa hendak meneruskan kuliah atau berhenti sekolah dan kawin?”
Alumni : “Tentu saja hendak meneruskan kuliah. Hahaha!”
Saya : “Nah, kalian tentunya mempunyai cita-cita mau jadi apa nantinya kalian setelah tamat kuliah.?”
Alumni : “Guru.”
Alumni  2 : “Dokter.”
Alumni 3 : “Sekretaris.”

Demikianlah cuplikan wawancara saya dengan beberapa orang alumni SMPN 2 Simpang Empat yang lulus pada tahun 2011 lalu. Nama-nama alumni yang saya wawancarai adalah:  Raihanah, Norhafizah, Novi, Herfina Puspita, Rusmayanti, Dina. Foto mereka yang di atas.

Yang jelas, kewajiban menuntut ilmu itu tidak berhenti sampai di bangku sekolah saja, tapi harus terus dilakukan sampai kita mati. Sesuai Hadits Nabi : “Tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat.”
Perdalamlah juga ilmu agama, mengajilah di majlis ta’lim yang terdapat banyak di wilayah kita. Agar kalian semua punya bekal selain untuk bekal dunia, juga menjadi bekal untuk di akhirat kelak. Amien!
Wassalam!

Penulis: Pa Ahmad.

Baca Juga Yang Ini:

Cerpen: 'Kuyang". by Bu Tuti
Puisi: Sebuah Kebebasan by Bu Tuti
Wawancara: 'Menyambut Ujian Akhir Nasional 2012
Pengertian Iman
Sihir dan Setan