Dokumentasi UAN 2011 SMPN 2 Simpang Empat

Suasana UAN 2011
Seolah hasil anak belajar selama tiga tahun di SMP ditentukan oleh prestasi mereka dalam menghadapi UAN. Hal ini dikarenakan lulus tidaknya siswa ditentukan oleh  nilai UAN yang diujikan. Maka seluruh siswa kelas IX pun belajar sungguh-sungguh agar bisa lulus sekolah.
Pengarahan sebelum UAN dimulai

Para Pengawas UAN
Tapi yang sangat dipentingkan sekali di sini adalah nilai kejujuran dan keseriusan mereka dalam belajar. Kejujuran adalah modal yang sangat penting bagi seseorang untuk mencapai kesuksesan dirinya sendiri dan orang lain.
Pa Yusuf sedang memberikan pengarahan
Selesai UAN
Selain dari itu yang perlu digarisbawahi bahwa belajarlah dengan sungguh-sungguh untuk kecerdasan kamu dan bukan hanya belajar agar bisa menjawab soal. Kebiasaannya siswa belajar serius pada saat besok hari akan menghadapi ujian. akibatnya otak mereka diporsir untuk memahami atau menghapal beberapa pak ilmu dalam satu malam. Hal ini akan berakibat pada stress dan ketegangan otak. Seperti halnya mesin yang apabila terus dihidupkan akan berakibat panas dan rusak. Begitu pula dengan otak, apabila terus dipaksa menghapal dan memahami ilmu dalam waktu yang lama akan berakibat stress. Dari karena itu belajarlah setiap hari walaupun tidak sedang menghadapi ujian.
Serius berfikir

Belajar setiap hari walaupun sedikit akan lebih kuat daya ingatnya di otak daripada belajar semua pak ilmu dalam satu malam. Hal ini seperti kata pepatah: 'easy coming, easy going'. yang artinya mudah datangnya, mudah pula hilangnya.

Komentar